Kamis, 18 Juni 2015

Ragam Wisata Dunia Pantai Batu Karas Ciamis Indonesia

Pantai Batu Karas di Ciamis, Satu Destinasi Menarik Bagi Peselancar

Terletak di daerah Pangandaran Jawa Barat, Pantai Batu Karas adalah perpaduan antara Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran karena berada pada garis pantai yang sama. Pantai Batu Karas ini sangat cocak untuk liburan keluarga dan juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat berselancar yang menyenangkan.

Ragam Wisata Dunia Pantai Batu Karas Ciamis Indonesia
Pantai Batu Karas Ciamis Indonesia
Pantai Batu Karas tidak hanya terkenal dengan airnya yang tenang, tetapi juga ombak laut yang cukup menantang. Air yang tenang dan gelombang ombak yang cukup tinggi adalah kombinasi harmonis yang menjadikan kawasan Pantai Batu Karas ini terbilang ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Sebagian kalangan ada yang menyebut Pantai Batu Karas sebagai Bali Kecil. Ini karena pantai tersebut menawarkan pengalaman surfing yang hampir sama. Pantai ini berjarak tak kurang dari 40 kilometer dari pusat kota Ciamis. Hamparan pasir hitam di sepanjang pantai dan deru ombak yang sesekali menggerus sebagian pasir adalah pemandangan yang khas.
Kunjungan wisatawan di Pantai Batu Karas

Jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran, maka jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Batu Karas terbilang relatif sepi. Ini pula yang menyebabkan Pantai Batu Karas disukai sebagian kalangan penikmat perjalanan yang menikmati suasana santai dan tenang.

Alamat Pantai Batu Karas: Jl. Pantai Batu Karas, Kec. Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Peta Lokasi:  klik di sini
Koordinat GPS: -7.747602,108.497677

Untuk dapat masuk, Anda dapat membayar tiket masuk kawasan Pantai Batu Karas dengan detil sebagai berikut:
a) Pejalan Kaki (1 orang) Rp 1.500
b) Sepeda Motor Rp 3.900
c) Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp 9.200
d) Kendaraan Jenis Carry Rp 17.200
e) Kendaraan Penumpang Besar Rp 22.200
f) Bus Kecil Rp 32.700
g) Bus Sedang Rp 49.500
h) Bus Besar Rp 80.500

Titik Berselancar di Pantai Batu Karas
Di kalangan peselancar, Pantai Batu Karas bukanlah nama yang asing. Dibanding pantai lainnya, Pantai Batu Karas termasuk paling datar. Pantai ini juga memiliki sebuah teluk kecil sehingga para peselancar tidak perlu repot mendayung terlalu jauh menuju titik awal gelombang.
Ragam Wisata Dunia Pantai Batu Karas Ciamis Indonesia
Selancar Di Pantai Batu Karas
 Anda dapat menjumpai banyak persewaan perlengkapan berselancar di sana, juga sekaligus dengan instruktur berpengalaman yang akan mengajarkan semua hal tentang berselancar, khususnya bagi pemula.

Ada 3 titik di Pantai Batu Karas yang selama ini menjadi titik favorit para peselancar, yaitu Bulak Pendak, Legok Pari, dan Karang. Di Bulak Pendak, gelombang yang datang bisa menciptakan dinding tinggi dan panjang.

Sangat disarankan hanya peselancar profesional yang mencoba tempat ini sebab ombaknya begitu tinggi. Namun untuk mencapai lokasi Bulak Pendak, peselancar harus menyewa perahu terlebih dahulu. Sedangkan Legok Pari adalah titik yang paling populer karena terbilang cukup aman mengingat ombaknya yang tidak begitu tinggi. Dengan demikian, sangat cocok untuk pemula.

Dan yang terakhir adalah Karang. Secara harafiah, Karang berarti batu. Nama ini mungkin mengacu dari banyaknya batu-batu di sekitar pantai. Kesempatan untuk berselancar di titik ini hanya dapat dilakukan ketika air laut sedang mengalami pasang saja.

Kegiatan Menarik Lainnya di Pantai Batu KarasPantai Batu Karas bukan tujuan favorit para peselancar saja, tetapi juga merupakan pantai yang cocok untuk mereka yang ingin menikmati kegiatan wisata bahari dengan bermain jet sky, banana boat, serta naik kereta kuda di pantai.
Ragam Wisata Dunia Pantai Batu Karas Ciamis Indonesia
Naik Banana Bot Di pantai Batu Karas

Bagi Anda yang suka adventure, kawasan Batu Karas menawarkan sejumlah tempat yang dapat digunakan untuk bertualang, hiking, dan berkemah. Jika ingin petualangan yang menantang, Anda dapat meminta bantuan penduduk setempat dan pergi ke Karang Nunggal, yaitu sebuah pantai kecil dan terpecil. Di pantai ini, pemandangan terlihat begitu menawan dengan bebatuan tinggi dan kokoh.

Secara umum, kawasan wisata Pantai Batu Karas di daerah Pangandaran ini adalah tujuan berlibur yang cocok bagi siapapun. Anda dapat berjalan-jalan menyusuri pantai sembari menanti waktu sunset tiba di sana. Anda juga dapat singgah di warung pinggir pantai sekedar menikmati secangkir kopi.

Sebagai tujuan wisata keluarga, Anda dapat menyaksikan anak-anak Anda bermain-main di tepian Pantai Batu Karas serta membangun istana dari pasir, atau cuma sekedar berjemur.

Toko Souvenir dan KulinerJika Anda ingin membeli souvenir atau cinderamata, di sekitar Pantai Batu Karas berjejer toko-toko souvenir yang menyediakan aneka T-shirt, pakaian renang, dan beberapa jenis kerajianan tangan yang terbuat dari kerang atau benda-benda laut lainnya. Jangan ragu untuk menawar harga jika Anda ingin membeli satu atau beberapa souvenir.

Ingin memuaskan rasa lapar? Di Batu Karas juga terdapat banyak restoran dan warung makan dengan sajian kuliner laut dan makanan lokal.

Sejumlah restoran dapat Anda temukan di hote-hotel. Jika ingin menikmati sajian kuliner lainnya, seperti seafood atau masakan khas Sunda, Anda dapat pergi ke warung-warung makan di sekitar kawasan Pantai Batu Karas.

Hotel di Pantai Batu Karas
Di sekitar pantai telah tersedia banyak penginapan dan hotel dengan tarif yang bervariasi. Sejumlah hotel juga menawarkan cottage dan bungalow. Jika Anda ingin mengetahui lebih dekat tentang adat dan kebiasaan penduduk lokal, Anda dapat menyewa rumah penduduk setempat.

Beberapa hotel yang ada di sana mungkin cocok untuk Anda, seperti Hotel Pondok Putri, Hotel Java Cove Beach, Bonsai Bungalows, Hotel Hi & Low, Hotel Teratai, Sunrise Resort, Villa Monyet, Reef Hotel, dan Hotel Sindang Asih.

Anda dapat mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Batu Karas secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Pantai Batu Karas
Untuk menuju lokasi Pantai Batu Karas, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan. Setiba di daerah Pangandaran, ambil arah menuju Cijulang. Sungguh kecil kemungkinan Anda akan tersesat sebab tersedia banyak petunjuk arah menuju pantai Batu Karas.

Jika Anda memilih menggunakan transportasi umum, maka Anda harus tiba dahulu di terminal Pangandaran. Dari terminal ini, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan minibus tujuan Cijulang. Setiba di Kec. Cijulang, satu-satunya transportasi yang dapat membawa Anda sampai ke Pantai Batu Karas adalah dengan menggunakan ojek bertarif Rp 30 ribu atau dapat dinegosiasikan.

Sumber: initempatwisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar