Selasa, 23 Juni 2015

Ragam Wisata Dunia Kiyomizu-dera Temple Japan

Kiyomizu-dera Temple

Kiyomizu-dera (清水寺), officially Otowa-san Kiyomizu-dera (音羽山清水寺) merupakan kuil Budha kuno, yang dibangun pada tahun 798 dan sudah 10 kali mengalami kerusakan atau terbakar akibat perang atau bencana alam. Di belakang kuil utama terdapat kuil Jishu-jinja yang disebut dengan Dewa Perjodohan, dan di depan kuil terdapat 2 batu yang sering disebut “Batu Buta” dan “Batu Peramal Cinta”.

Ragam Wisata Dunia Kiyomizu-dera Temple Japan
Kiyomizu-dera Temple Japan
Konon kabarnya menurut penduduk setempat dengan menutup mata berjarak 100 m kita berjalan menuju batu buta tersebut dengan menutup mata atau memejamkan mata dan sampai tepat di depan batu buta, maka keinginan kita akan tercapai. Dan untuk menguji kesetiaan hati pada pasangan, kita dapat mencoba batu peramal cinta, caranya tetap sama dengan memejamkan mata, namun bila arah kaki kita tidak tepat menuju batu peramal cinta atau melenceng jauh maka hati kita masih memikirkan orang lain.

Bagaimana jika tidak berhasil di batu cinta? Tidak perlu khawatir, karena kuil ini juga menjual berbagai jimat. Ada jimat khusus untuk pernikahan bahagia, hubungan yang langgeng bahkan jimat sesuai dengan zodiak untuk membantu melancarkan nasib percintaan.

Setelah mengunjungi kuil, berkeliling di Sannenzaka, sebuah area belanja berjejer secara tradisional, toko kayu menjual Kiyomizu-yaki, sejenis keramik yang berhubungan dengan daerah dan yatsuhashi – sejenis snack Jepang yang terbuat dari tepung beras yang dapat dimakan mentah ataudipanggang. Anda dapat mengikuti jalan ini karena akan terdapat jalan turun melewati Nene no Michi, Kodaiji ke Gion – tempat bersenang-senangtradisional dan tempat perkumpulan geisha kota tersebut. Dalam perjalanan ini Yasaka Gojonoto, kuil dengan lima lantai berada didekat pintu masuk ke Kiyomizudera ada sejumlah toko-toko suvenir yang menarik pengunjung dengan teh gratis. Mereka menjual berbagai seni dan kerajinan Kyoto serta makanan kering dan teh. Biaya masuk (300 yen) ke kuil kedua; setiap hari dari 6:00 pagi sampai 6:00.sore.

Cara Menuju ke Kiyomizudera
Dari Stasiun Kyoto memerlukan waktu 20 menit dengan menggunakan bus. Pilih bus dengan nomor #100 atau #206 dan turun pada pemberhentian Kiyomizu-michi atau Gojo-zaka. Dari sana anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki naik ke bukit yang memakan waktu 15 menit. Dari Stasiun Keihan Gojo, dapat berjalan kaki sekitar 20 menit. Dan dariShijo-Kawaramachi, pilih bus nomor #207, #80, atau  #85.

Sumber:  j-cul.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar